Kamis, 16 Mei 2013

Kebebasan Itu *Bukan* Omong Kosong


Ihh, kenapa bisa?! Memang demikian..
Kebebasan itu bukan omong kosong, Bebas itu nyata, nassa..
Masih nda percayaki?
Betulka' kodonge..
Kita bebas memilih apapun dalam hidup ini.
Ihh, kenapa bisa?! Memang demikian..
Kita bebas memilih jadi baik atau kurang bahkan tidak baik
dan karena kebebasan itulah, berlaku sebab-akibat.

Jika kebebasan kita gunakan untuk memilih menjadi baik, maka kita bebas untuk menikmati kebaikan. Sebaliknya, jika kebebasan kita gunakan untuk memilih menjadi kurang bahkan tidak baik, maka kita bebas untuk menikmati ke-kurang bahkan ke-tidak-baikan.


Kebebasan itu *bukan* omong kosong. Dia selalu ada, untuk kau bebas-bebasi sebebas-bebesanya. Sebagaimana kebebasan yang nyata bebas, dia bebas tersaji untuk segala. Semua yang ada di bumi semesta ini bebas, sebagaimana bebasnya berlaku sebab akibat.
Jika Anda membebaskan diri Anda untuk berbuat jahat, maka di sisi lain ada sebab-akibat yang bebas 'mengupah' atas kebebasan Anda tersebut. Demikian sebaliknya, jika Anda membebaskan diri Anda untuk berbuat baik, maka di sisi lain ada sebab-akibat yang bebas 'mengupah' atas kebebasan Anda tersebut. Adil kan? Kebebasan itu *bukan* omong kosong, kebebasan itu adil, kebebasan itu nyata.

Jika Anda bebas membebaskan diri Anda untuk pulang larut malam, maka di sisi lain ada sebab-akibat yang bebas "mengupah" Anda encok, pegel-pegel, meriang, masuk angin.
Jika Anda bebas membebaskan diri Anda untuk memakai rok di atas lutut dan mengobral belahan dada Anda, maka di sisi lain ada sebab-akibat yang bebas "mengupah" mata-mata di sekeliling Anda  untuk menikmati sajian belahan dada dan paha gratis.

Memang demikian, kebebasan itu *bukan* omong kosong

Makassar, 170513 11:25 sholat Jum'at oi..., jangan pikir paha ayam melulu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar